Berdasarkan penelitian beberapa tahun yang lalu, National Cancer Institute Journal di salah satu rumah sakit di Boston melaporkan bahwa intake atau konsumsi susu dan calcium dalam jumlah moderate dapat menurunkan resiko colorectal cancer/kanker colon (kanker usus).
Dalam penelitian tersebut dilibatkan 500,000 orang selama 6-16 tahun dimana peneliti memperhatikan produk harian yang dikonsumsi orang tersebut dan hubungannya dengan kanker kolorektal. Riset tersebut melaporkan bahwa orang yang mengkonsumsi lebih dari 9 ons susu perharinya memiliki resiko lebih rendah terserang cancer colorectal sampai 15% dibandingkan dengan orang yang hanya mengkonsumsi kurang dari 2.5 ons perhari.
Konsumsi calcium sebanyak 500mg perhari juga menurunkan resiko kanker colorectal 10 persen. Diperkirakan bahwa masukan 1,000mg calcium per hari berikutnya akan menurunkan colon cancer/kanker colon 15 persen pada wanita dan 10 persen pada pria.
So.. bila anda ingin terhindar dari kanker ini konsumsilah Calcium dan Susu dalam jumlah yang cukup, jangan juga berlebihan karena susu mengandung lemak yang lumayan banyak.